SIMAK! Ternyata Ini Yang Menyebabkan Dana / Uang Penjualan Tertahan Di Shopee

@dhiaralf

Apakah sobat pernah mengalami kendala sperti ini. Sobat berhasil menjual barang/produk di shopee tapi uangnya lama banget gak cair cair? atau sobat sudah mengirimakan pesanan pembeli tapi status pesanan tidak berubah dalam sistem? Nyesek Banget kan !

Perlu diketahui khususnya para seller atau calon seller bahwa Shopee ini adalah sebuah sistem yang mana semua aktivitas semisal pesanan, pembelian, status pesanan, pencairan dana tidak terlepas dari aktivitas otomatis yang jika ada input yang salah atau tidak tepat maka bisa berakibat sistem tidak bekerja dengan semestinya atau bisa dikatakan kita akan mengalami masalah ntah itu status pesanan yang gajebo, pesanan tidak masuk ke seller, hingga yang paling bikin kesel adalah dana tertahan di shopee.

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Jualan Di Shopee Cepat Laku & Laris

Dari pengalaman admin ainoru.com baik sebagai pembeli dan penjual di shopee. Memang pernah beberapa kali mengalami kendala dan masalah sperti yang diungkapkan diatas dan faktornya sih ada 2, kalau gak sistem yang eror berarti ada salah input dari kita.

Silakan disimak Beberapa hal yang mengakibatkan dana kita tertahan di Shopee:

1# Nomer Resi Salah

Sistem Shopee sangat peka, jika kita salah input nomer resi atau kode tracking JNE/POS maka resi tersebut tidak terbaca oleh sistem, sehingga status pesanan tidak akan berubah atau berpindah dari status #PerluDikirim menjadi #Dikirim karena kalau salah begitu saat dilacak tidak ditemukan (not found). Jika begitu maka uang / dana penjualan tidak akan masuk ke saldo. Walaupun paket sudah sampai ditangan konsumen, tapi uang tidak akan cair selama status belum berpindah dan si konsumenpun tidak bisa klik terima jika kondisinya seperti itu. karena #statusitupenting

Tapi sobat tidak usah khawatir karena jika ada kesalahan saat input misal salah satu atau dua angka nanti dalam beberapa jam sistem shopee akan memberitahu kita dengan munculnya kembali tombol kuning untuk input resi baru, tandanya ia minta di edit. Maka silakan segera diedit.

2# Paket Tidak Sampai Ke Konsumen

Kadang kenyataan memang tak sesuai keinginan, adakalanya paket tidak jelas statusnya ntah itu alamat tidak ditemukan, paket terselip digudang expedisi, paket hilang saat perjalanan dan lain sebagainya. Nah, hal ini akan mengakibatkan dana tidak cair dan hanya akan menggantung di shopee.

Untuk itu mau tidak mau kita dituntut untuk selalu ngecek status paket yang sudah dikirim, selama paket belum diterima belum berpindah status jadi sukses maka segala kemungkinan masih bisa saja terjadi.

3# Alamat Pengiriman Di Resi Tidak Sesuai Dengan Alamat Yang Di Pesanan

Kejadian ini sudah pernah kami alami, malah 2 kali. Jadi begini, saat itu ada seseorang membeli produk kami di shopee lalu invoice kami cetak, ternyata ada catatan sangat panjang di keterangan. Tak lain adalah sebuah alamat. Lalu kami konfirmasi ke pembelinya, ternyata dia adalah dropshiper. Dia minta paket dikirimkan ke alamat yang ada di catatan keterangan dan yang ia tulis di alamat utama adalah alamat dia pribadi. Seharusnya dropshipper tidak perlu menulis alamat pribadinya tapi langsung ke alamat customernya.

Kemudian kami tulis alamat tersebut secara manual dan print untuk tempel di paket. Pada saat dimasukkan resi awalnya aman, tapi hari berlalu statusnya tidak berubah dan hanya diam tak jelas. Padahal jika kami cek di web expedisi tersebut paket sudah jalan. Dan hingga paket diterimapun status tidak berubah juga.

Oleh karena itu, kami sarankan jika ada kasus seperti ini harus diperhatikan untuk tidak asal kirim, apalagi untuk produk yang tergolong mahal.

4# Sistem Error

Untuk masalah yang ke empat ini, memang bikin galau karena bukan karena kesalahan input dan proses dari kita tapi memang sistemnya sendiri. Bisa karena sedang perbaikan atau error. Yang bisa dilakukan paling ya sabar yo mas, sambil nunggu kita bisa lapor dan menghubungi support dari pihak Shopee.

Mungkin itu beberapa hal yang bisa mengakibatkan dana penjualan akan tertahan di shopee. Lantas pertanyaannya. Bagaimana solusi akhir dari kasus diatas?

Dari beberapa hal diatas memang ada yang solved oleh kami ada juga yang tidak. misal untuk kasus pertama kadang kami bisa mengoreksinya. Tapi untuk point 2 dan 3, itu sulit sekali. Sehingga kami langsung menghubungi pihak customer care shopee via email. Dan setelah mengikuti arahan dari bagian yang menangani Alhamdulillah bisa terpecahkan dan dana bisa masuk ke saldo. Pesan kami, jangan di diamkan berlama-lama jika ada permasalan semisal point diatas atau hal lain. Menurut pengalaman kami Shopee paling respect terhadap keluhan seller.

#SalamJualan

Bagikan:

@dhiaralf

Seller on Marketplace, Social Media Marketing

Baca Juga

30 thoughts on “SIMAK! Ternyata Ini Yang Menyebabkan Dana / Uang Penjualan Tertahan Di Shopee”

  1. Ga ush pura pura ga tau.
    Seller dan Buyer pasti merasakan derita lama Pencairan Dana, Masa Pengemasan, Garansi Dana Shopee, dll. Bahkan bs jd Shopee akan mengadakan “Masa Iddah Dana, Masa Bungkus Paket, Masa Packing Paket, Masa Paket Siap Kirim, Masa Paket OTW Kurir, Masa Paket Motor Mogok Saat Pengiriman, Masa Paket Kurir Kecelakaan Saat Pengiriman hingga Masa Paket Admin Shopee Meninggal”.
    Intinya Shopee bahagia krn semakin lama nahan dana. Ga ush bingung gan. Toko sebelah lebih “Hijau” dan “Merah” daripada toko orange yg banyak “masa”nya.

    Reply
    • Kayaknya jualan di shopee bikin nyesek..dana sering tertahan padahal semua sudah sesuai..kayaknya tulisan diatas tidak memggambarkan fakta sebenarnya…sya sdh beberapa kali chat tp jawabannya sama dri cs. Dari mulai dana yang lama masuk saldo. Terus penarikan yg lama sampai kerekening..haduh capek. Pdahal duit buat modal lagi beli barang…

      Reply
      • Saya pikir itu tidak bisa digeneralisir, dana tertahan itu ada sebabnya. Shopee mungkin berbeda aturan dengan Marketplace lain, tapi ya itu hak mereka kan toh kita hanya numpang saja. Untuk lebih jelas Anda bisa baca ketentuan dan aturan jualan dishopee.
        Saya disini berlaku sebagai Seller juga shopee jdi saya menulis berdasarkan pengalaman + penyelesaian yang saya lakukan dan terbukti berhasil.

        Sebelumnya klo boleh saya tahu, dari uraian diatas kira2 apa penyebab dana anda terkendala?

        Reply
        • dana saya tertahan di shopee dan udah seminggu gak cair ke saldo penjualan., udah telfon customer care jawab nya gitu2 doang suruh nunggu. banyak alesan. disin ada yang sudah berhasil menunggu sekian lama dan akhir nya cair juga gak ? tolong bantu saya dong. trimakasih

          Reply
  2. Sejak tgl 29-06-2018 pembeli sudah konfirmasi pesanan di terima. Dan masa garansi shopee pun sudah berakhir sejak tgl 05-07-2018.. sekarang sudah tgl 07-07-2018 tp kenapa uang saya masih di tahan juga? Apa alasannya? Itu uang saya,hak saya.. saya merasa terdzolimi.. saya sudah berkali kali komplen,bahkan tiap hari saya komplen tp tak pernah membuahkan hasil, selalu di suruh nunggu dan nunggu trs alasannya,,saya sudah cape nunggu.. selalu saja di jawab ” msh di cek,msh di cek trs..tunggu 3-5 hari.. bosan.. apa tdk ada jawaban lain..
    Saya tidak mau lagi dengar alasan kaya gini ” masih dalam pengecekan tim kami,mhon tunggu 3-5 hari kerja” saya sudah bosan.

    Saya hanya meminta lepaskan dana saya ke shoopepay saya segera.berikan hak saya..Sudah itu saja.

    Reply
    • Selamat siang, Mohon maaf mas apakah transaksinya sukses? maksud saya apakah resi yang di input sudah benar dan valid? Karena saya pernah mengalami paket dikirim lalu dimasukkan resi ternyata beberapa hari kemudian sistem minta resi di perbaiki tapi saya abaikan, peringatan itu terjadi sekitar 3x setelah itu malah uang ditahan karena ternyata emang resi yang saya masukkan salah. solusinya waktu itu saya hubungi customer care shopee nya mas. via email. dan cukup sekali email saja.. InsyaAllah clear..

      Reply
    • Gimana gan dana sudaj cair. Dana saya juga ditahan shopee belum lepas ke shopeeplay padahal masa pelepasan dana juga sdh lewat… Mohon pertunjuknya. Thx

      Reply
  3. Gimana gan dana sudaj cair. Dana saya juga ditahan shopee belum lepas ke shopeeplay padahal masa pelepasan dana juga sdh lewat… Mohon pertunjuknya. Thx

    Reply
  4. Gimana gan dana sudah cair. Dana saya juga ditahan shopee belum lepas ke shopeeplay padahal masa pelepasan dana juga sdh lewat… Mohon pertunjuknya. Thx

    Reply
  5. Hallo terimakasih sebelumnya atas infonya.saya mengalami persis yg poin nmor 3.dana masih tertahan walau masa pelepasan sudah lewat,cust sdh klik diterima dan sudah kasih review.pengalaman agan gimana akhirnya bisa cair?apakah mnunggu hingga meleleh dananya atau menghubungi cust care?
    I ll really appreciate ur answer

    Reply
    • Terimakasih sebelumnya atas kunjungannya di Blog ini. Untuk menghindari cancel otomatis, kami sarankan Mba Nana segera menghubungi customer care shopee melalui email. (Biasanya jika kendala ini terjadi pihak shopee akan memberikan warning bahwa resi tidak valid).

      Tips saat menghubungi customer care shopee:
      #Perkenalkan diri sebutkan nama Toko (bila perlu dg linknya)
      #Cukup kirim 1 email saja
      #jangan kirim ulang email sebelumnya Customer care shopee balas email yang kita kirim.

      Semoga bermanfaat. terimakasih

      Reply
    • Iyaaps..uang akan masuk saldo.. selama tidak melanggar aturan Shopee.. misal, resi harus valid (bisa dilacak), klo pakai JNE maka harus JNE lagi, klo POS harus pakai pos juga kirimnya.

      Reply
  6. Sama dg tmn2 seller yg lain, dana penjualan saya sdh 12 hari ditahan tanpa alasan yg jelas sampai hari ini sejak paket diterima,
    Pembeli memilih kurir j*e sy pilih opsi job, tentu tanpa input resi lagi krn otomatis terinput walau saya harus ngalangin bayar ongkir. Dari track status sudah Delivered 12 hari yg lalu tapi sampai hari ini status penghasilan masih “Pesanan dalam proses” dan status barang masih dalam garansi shop**, tgl dilepas tgl 27 maret tapi tdk juga dilepas2 sampai hari ini.
    Saya sdh berkali2 complain via chat shop** maupun lewat e-mail, tapi selalu disuruh menunggu.
    Menurut saya tdk ada masalah apapun, dr track kurir juga sudah Delivered, tapi buyer memang tdk mau klik Barang Diterima walau sdh sy hubungi lewat chat shop** maupun lewat WA.
    Jawaban CS selalu sama yaitu akan ditangani tim terkait dan disuruh menunggu 1-3 hari, sy komplain kembali ya bgt lg, entah sampai kpn dana penjualan sy bisa cair ?
    Krn tdk kunjung dilepas dana penjualan saya, akhirnya semua barang sy nonaktifkan & lebih fokus di marketplace sebelah spt sblmnya.

    Reply
  7. Saya juga kejadian hal yang sama, dana shoppe masih tertahan di garansi shoppe sampai berbulan bulan dan setiap saya tanya shoppe
    Selalu baik terimaksih mohon tunggu masih dalam analisa masih dalam proses pengechekan masih dalam penanganan tim contohnya kaya dibawah

    Terimakasih atas waktu tunggunya ya kak terkait kendala kakak sudah di tangani oleh tim kami sejak 19 Agustus, 2019 dan terkait kendala kakak kami sudah mengirimkan email ya kak. apakah kakak sudah melakukan pengecekan terhadap saldo kakak/

    Baik kak dapat kami infokan untuk dana kakak untuk saat ini status dana kamu masih dalam proses analisa lebih lanjut sehingga dana akan kami lepaskan kepada penjual dengan estimasi waktu 30 hari sejak akun dibatasi yaitu sejak tanggal 19 Agustus 2019 ya kak

    Reply
  8. Saya bingung bgt dana sudah masuk shopeepay dan sudah saya tarik, ada notif berhasil di transfer tp ko udah mau dua hari dana ga ada di rekening saya,, aneh

    Reply
  9. Mending klo pake no.resi yg expedisi biasa.
    Nah saya pake Grab sameday, pembeli udh klik selesai penjualan. Tp dana ga dilepas ke saldo penjualan saya.
    Lah klo begini caranya RUGI donk!!
    Udah klo transfer penarikan LAMAAAAAA bgt.
    Masa mau mundur ke jaman jahiliah sih.
    Lucu bgt deh ini.

    Reply
    • tiap ekspedisi perpindahan status setelah di scan itu beda2..sepanjang yg saya alami yang cepet itu J&T dan sicepat.. sdangkan ninja dan jne ia prosesnya agak lama. Untuk pelepasan dana memang agak lama sih dibanding marketplace yg lain (cmiiw) ^_^

      Reply
  10. Nanya nih buat yang posting. Ada beberapa transaksi saya yang 100% sudah berhasil, dan buyer pun sudah konfirmasi terima pesanan. Tapii, sudah sampai garansi shopee hilang tetep gak cair ? Bisa di jelaskan ? Udah CS malah di minta tambahan waktu buat cek.

    Reply
  11. Dana di shoopee pay tidak bisa di cairkan, alasan banyak sekali ktp tidak jelas, potonselfi tidak jelas, kayak nya dipersulit. Nyesel belanja di shoopee.

    Reply
  12. Dana sy sdh 1 bl lebih ditahan sm shopee. Dg indikasi pencairan dana.
    Ini cust sy beli pasti pake kartu kredit.
    Setiap komplain ke shopee selalu dijwb tunggu 3hr utk proses infestigasi. Pdhal ini sdh hampir 2bl dana blm dilepas.
    Padahal kita jg perlu kulakan lg. Kl kyk gini dana kita berhenti n kita gak bs kulakan lg.
    Trus gmn dg dana sy 12jt yg masih ditahan dan smp kapan akan dilepaskan lg ?????
    Krn sy butuh dana itu….

    Reply

Leave a Comment